Fakta Seputar Makanan Pendamping ASI 

Oleh : dr. Zuhrah Taufiqa, M. Biomed

Image may contain: 1 person

TERNYATA…

Pemberian MP ASI yang tepat dan cara yg benar (responsive feeding) akan membantu kesuksesan dalam proses penyapihan ASI. Dan.. tahukah Bunda bahwa di awal MP ASI, anak butuh MP ASI yg kaya energi (karbo, protein, lemak) dan berbagai mikronutrien spt zat besi, zinc, kalium dan magnesium?

Simak beberapa fakta lain di bawah :

FAKTA 1

2/3 kematian balita ternyata disebabkan oleh pola makan yang salah? Salah satunya adalah akibat tidak mendapatkan ASI ekslusif serta pemberian MP ASI yg terlalu dini atau terlambat dengan komposisi nutrisi yg tidak lengkap, tidak seimbang dan tidak higienis.

FAKTA 2

Kekurangan atau kelebihan zat gizi dalam periode usia 0 hingga 2 tahun bersifat PERMANEN (IRREVERSIBEL) atau menetap yang akan berpengaruh terhadap kualitas hidup jangka pendek dan jangka panjang.

FAKTA 3

MP ASI harus dimulai tepat waktu yakni di usia anak 6 bulan (180 hari) sesuai dg adaptasi anatomis dan fisiologis tubuh anak dalam menerima makanan.

NAMUN, atas indikasi medis yakni gagal tumbuh (failure to thrive) yang didiagnosis oleh Dokter dengan mempertimbangkan growth chart, kegagagalan upaya manajemen laktasi dan kesanggupan adaptasi oromotor anak, maka MP ASI dapat dimulai dalam rentang usia 17-26 mg (ESPGHAN)

FAKTA 4

90 persen tumbuh kembang otak terjadi dalam 3 tahun pertama kehidupan. Hal ini membutuhkan MP ASI dengan kandungan ZAT GIZI yang LENGKAP dan SEIMBANG,  memenuhi kebutuhan tubuh terhadap MAKRONUTRIEN (karbohidrat, protein, lemak) DAN MIKRONUTRIEN (Fe, Zinc, Kalium, Magnesium).

FAKTA 5

Anemia akibat kekurangan zat besi (Fe) mampu menurunkan skor IQ sebesar 10-15 poin.

Kekurangan Mikronutrien (Zinc, Kalium, Magnesium) dapat menimbulkan “stunting” (perawakan pendek), hambatan perkembangan, penurunan kognitif dan gangguan imunitas (kekebalan tubuh) pada anak.

Image may contain: text and food


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: