Gula Garam, Penyedap Rasa, BOLEHKAH?

Oleh : dr. Zuhrah Taufiqa, M. Biomed

Sekilas info ttg pemakaian GULA GARAM pada MP ASI 

Kalau menurut yg saya baca & pahami terkait pemakaian gula garam pada bayi (<1tahun), PEMAKAIAN GULA GARAM DIBOLEHKAN dalam jumlah yg sangat sedikit. Contoh = garam <1 gram per hari. Untuk gula, berikut informasinya dalam gambar berikut.

Akan tetapi, karena cukup sulit menakar sesuai ukuran tsb, maka pemakaian gula garam TAMBAHAN TIDAK DIANJURKAN, namun, ortu bisa memberikan rasa manis dan asin dari berbagai bahan makanan yg mengandung gula & garam. Seperti, aneka buah, keju, salted butter, dll. Bahkan, sebenarnya, dalam ASI juga ada gula dan garam kok. Jd, g mungkin kan., bayi g boleh gula garam sama sekali?

So, usahakan berikan gula garam dalam bentuk bahan makanan kepada bayi, shg bayi tetap bs merasakan manis dan asin pada MP ASI nya.. Jika dalam bahan makanan alami dan ASI sudah mencukupi kebutuhan bayi thd gula dan garam, kenapa harus merasa butuh menambahkan banyak gula dan garam ke dalam makanan? Bener g? Jangan terlalu saklek..yg ptg para bunda paham prinsipnya apa.

Penghindaran pemberian gula garam secara berlebihan memang ad tujuannya. Kebiasaan makanan yg terlalu manis bisa memicu obesitas d masa dewasa sedangkan konsumsi garam terlalu tinggi bs memperberat ginjal bayi.

Untuk rekomendasi penggunaan garam bs dilihat pada tabel berikut.

 


2 Comments

Sofyana · 23/10/2018 at 08:54

Umur berapa sebaiknya kita mengenalkan gula dan garam kepada anak?

    Zuhrah Taufiqa · 28/10/2018 at 16:42

    mhn maaf baru membalas bunda. gula garam sebaiknya di atas 1 tahun saja, meskipun boleh juga dikenalkan sebelum usia 1 tahun namun melalui berbagai bahan makanan alami saja seperti buah, sayur atau margarine dan keju

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: