Pengaruh Tekstur Makanan terhadap Stimulasi Keterampilan Oral 

Narasi : dr. Zuhrah Taufiqa, M. Biomed

Tahukah Ayah Bunda, bahwa ternyata anak selalu “belajar” ?
jangan berasumsi bahwa belajar dalam hal ini berarti membaca, menulis dan berhitung ya. Melainkan, anak selalu beradaptasi melalui berbagai tindakan eksplorasi mereka terhadap lingkungan. Dalam hal ini adalah “MAKAN”

Proses makan merupakan suatu tahap belajar bagi anak. masih ingatkah Ayah Bunda bahwa, dasar kecerdasan anak dalam piramida Pembelajaran adalah Sensorik? Karena makan merupakan bagian yang nantinya akan memberikan stimulasi sensorik, maka, melalui aktivitas ini, anak pun ternyata sedang mengasah “kecerdasan” mereka.

No automatic alt text available.

Perubahan tekstur merupakan hal yang sangat penting dalam tahap pemberian Makanan Pendamping ASI (MP ASI). Tidak hanya sekedar tahapan yang harus dilewati anak menuju kemampuan untuk mengonsumsi makanan seperti orang dewasa, namun ternyata, perubahan tekstur sejatinya juga berperan dalam menstimulasi keterampilan oro-motor (motorik oral) anak lho !

Dr. NiceRachmawati Masnadi,SpA(K) sub spesialis Nutrisi Metabolik Anak di Sumbar

Apa saja bentuk stimulasi keterampilan oral anak yang distimulasi melalui tahapan perubahan tekstur makanan? Berikut, salah satu isi materi yang pernah disampaikan oleh Dr. Nice Rachmawati Masnadi,SpA(K) sub spesialis Nutrisi Metabolik Anak dalam acara Seminar dan “Live” Demo Masak Makanan Pendamping ASI (MP ASI) di Klinik My Lovely Child (MLC).

Kesimpulannya adalah, “berikan anak makanan dengan peningkatan tekstur secara bertahap. Karena setiap tahapan akan memberikan stimulasi penting terhadap tumbuh kembang anak dalam hal ini keterampilan oral anak, kecerdasan anak dan bahkan stimulasi pertumbuhan gigi lho !”

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: