MP ASI dan ALERGI PADA BAYI/ANAK

oleh : dr. Zuhrah Taufiqa, M. Biomed

Ortu yg alergi besar kemungkinan akan menurunkan alergi pada anak, MESKI GEJALA TIDAK HARUS SAMA.

Alergi merupakan reaksi hipersensitivitas individu terhadap zat- zat tertentu secara spesifik. Artinya apa? Reaksi ini adalah masalah tubuh individu itu sendiri terhadap suatu zat. Jadi, bisa jadi orang kebanyakn tidak alergi, tapi dia mengalami alergi. Dan, zat apa yang menyebabkan alergi? Zat nya macam-macam, dan tidak selalu sama antar individu yg sama sama mengalami alergi. Misal, kebanyakn anak yg alergi , biasanya alergi udang, seafood atau telur. Nah, bisa jadi anak bunda hanya alergi kacang. Atau hanya alergi ikan. Atau alergi semuanya. Daaaan jangan salah, ada lho yg alergi semangka, jeruk, wortel.. knp? Karena di dalam semua zat itu ada kandungan protein meski protein yg terkandung dalam sayur dan buah sangat kecil.

Apa saja gejala alergi?
Bisa merah dan bengkak di seluruh tubuh (urtikaria), bisa merah di kedua pipi/siku/tungkai (dermatitis atopi), bisa merah di kedua mata disertai berair (konjungtivitis alergi), hidung tersumbat, meler, merah (rhinitis alergi), sesak nafas (asma) dll.. semua gejala itu bisa dialamai sekaligus oleh seseorang atau cukup satu gejala di satu waktu. Dan bisa juga mengalami gejala yg berbeda ketika mengonsumsi sesuatu.

Bisakah alergi sembuh?
Yg namanya alergi, masalah utama adalah d tingkat sel alias genetik. Jadi, kalau masu sembuh total y terapi gen. Tp kan g mungkin? Nah, alergi memang tidak bisa sembuh, tp jangan khawatir, alergi bisa dikontrol kejadiannya dg mengendalikan paparan terhadap faktor pemicu (kontak dg zat penyebab alergi yg disebut alergen).

Jadi, deteksi terhadap faktor penyebab adalah HAL MUTLAK DALAM TATALAKSANA ALERGI, lalu hindari penyebab, tempuh terapi dan bisa lakukan desensitisasi yaitu perangsangan/kontak perlahan dg zat penyebab alergi dg dosis kecil yang ditingkatkan secara bertahap dalam pengawan dokter.

Artinya? Jangan kwatir, insyaallah akan selalu ada jalan. Bahkan, seseorang yg dulu alergi seafood bisa saja bbrp bulan kemudian tidak alergi. Atau sebaliknya, biasanya aman aman saja, hingga suatu ketika mengalami gejala alergi utk pertama kalinya.

Lalu, mengapa saya sangat care dg alergi pada masa MP ASI ini?

Saya bukan ahli alergi, imunologi dan sebagainya. Saya hanya dokter umum yang kebetulan memiliki riwayat alergi/atopi kuat, suami juga alergi sehingga anak pasti memiliki riwayat atopi. Dan? Memang benar, anak saya sejak bayi usia 2/3 bulan mengalami alergi -dermatitis atopi- kemerahan kedua pipi dg bintik bintik kec merah berisi nanah yg kata org awam disebab kan oleh alergi susu. Dari mana anak saya alergi sementara dia masih ASI EKSLUSIF? Ternyata dari makanan yg saya konsumsi yang bisa masuk ke bayi lewat asi. dan,. Tahukah penyebabnya? Setelah saya eliminasi dan deteksi satu per satu makanan yg saya makan , ternyata penyebabnya adalah COKLAT. Jadilah saya puasa coklat.

Lalu apa yg harus dilakukan ketika awal MP ASI?

Pasti saya ada rasa was was. Takut akan alergi makanan yg akan saya berikan pada anak. Tapi, jika takut, anak saya otomatis akan kekurangan nutrisi karena saya tidak berikan makanan yg penting pada anak. Lalu bagaimana?

Bagi anak yg punya bakat alergi, MASA AWAL MP ASI SANGAT PENTING.
TIPS :
1. Tetap kenalkan semua jenis makanan pada anak selama belum terbukti menyebabkan alergi.
2. Kenalkan menu tunggal dan boleh digabung jika memang terbukti tidak alergi. Misal, pagi diberi pure beras merah, siang campur buah/sayur. Besok coba tambah tahu/tempe. Lalu campur sayur /buah., Lusa bisa karbo+ikan+sayur/buah.
3. Hati hati menggabungkan makann yg berpotensi tinggi menyebabkan alergi. Misal, pemberian telur dan ikan sekaligus, atau ikan dan seafood sekaligus dst. Untuk telur, bisa diberikan kuning nya saja terlebih dahulu. Karena penyebab utama alergi pd telur adalah kandungan protein albumin dalam telur.
4. Beri dalam porsi kecil saja sebagai pengenalan ada tidaknya alergi.
5. Penelitian terkini membuktikan, bahwa PANTANGAN TANPA ALASAN TERHADAP MAKANAN TERTENTU (BELUM TERBUKTI SEBAGAI PENYEBAB ALERGI), TIDAK TERBUKTI BERMANFAAT MENCEGAH ALERGI, BAHKAN, JUSTRU AKAN MEMICU TERJADI ALERGI DI KEMUDIAN HARI.
6. Penelitian juga membuktikan bahwa, PEMBERIAN MAKANAN-MAKANAN YANG DIANGGAP PEMICU ALERGI, Seperti seafood, telur, dll SEBELUM USIA 1TAHUN, AKAN BERDAMPAK POSITIF DALAM PENCEGAHAN ALERGI MAKANAN PADA ANAK.

SO?
masih was was? Takut?
Boleh saja. Asal, ada dasar nya. Artinya. Silahkan berpantang selama memang anak terbukti alergi dg suatu zat makanan tertentu. Tapi, jangan berpantang jika anak tidak mengalami alergi tsb.

Sekali lagi, ORANG LAIN MUNGKIN ALERGI TERHADAP MAKANAN “X” TAPI, ANAK KITA MUNGKIN TIDAK. JADI, kenapa harus ikut ikutan berpantang makanan yang sama?

Aturan dalam alergi, DONT BE A FOLLOWER. ALIAS jangan ikut ikutan. Alergi itu unik, jadi spesifik terhadap individu tertentu. Jadi jangan mudah menyerah. jika anak kita belum alergi, mengapa harus dipantang? Jika pun anak alergi, belum tentu dia akan alergi makanan tsb seumur hidup lho. Karena imunitas atau kekebalan tubuh anak berkembang seiring waktu. Jadi bisa jadi 1 bulan kemudian tidak alergi lg. Dan, jika pun anak alergi, masih bisa dilakukan konsultasi dg dokter utk terapi alergi dan desensitisasi sbg latihan pengenalan terhadap makanan penyebab alergi.

Knp saya bilang unik?
Karena saya pun telah membuktikan, saya yg tidak alergi seafood, hingga akhirnya alergi saat usia 15 th dg gejala urtikaria. Ketika usia 19 th gejala berkembang hingga semua alergi saya miliki. Puncaknya ketika usia 21th saya alergi dg obat anti alergi. Nah lho? How could? Ya begitulah alergi. Saya kembalikan semua pada yg Maha Pencipta. Kun Fa Ya Kun. Jadi, maka, jadilah. Lumayan banyak efek yg saya alami karena ‘keunikan’ ini. Tapi, dijalani saja.

Jadi, bagi bunda yg saat ini memberi MP ASI pada anak dg riwayat alergi keluarga. Ingatlah. Apa yg dilakukan sekarang belum seberapa dibanding tantangan seumur hidup anak nantinya. MP ASI adalah awal. Jadi jangan takut. Bertanyalah. Berdiskusilah.

Ikuti panduan MP ASI yg tepat. Sesuaikan dg kondisi anak. Alergi dg suatu makanan bisa dicarikan alternatif makanan lain sebagai penggnti dg kandungan zat gizi yg relatif sama. Tak perlu berkecil hati, Karena anak dg alergi juga punya banyak kelebihan. Salah satunya -anak atopi/alergi, punya tingkat intelektual yg tinggi-

Semoga bermanfaat.

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: