Pro – Kontra MP ASI Instan vs MP ASI Homemade

Publish on Mother & Baby Magazine July 2018 edition

oleh : dr. Zuhrah Taufiqa, M. Biomed

Konsultan Gizi dan Makanan Pendamping ASI sekaligus Manajer di Klinik Tumbuh Kembang Anak “My Lovely Child” Padang, Penulis Buku “Diary Pintar Bunda Menyusui dan MP ASI”, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Andalas & Host Acara “Ayo Hidup Sehat” di TVRI Sumatera Barat

 

Makanan Pendamping ASI (MP ASI) Instan menjadi salah satu pilihan pemberian MP ASI yg praktis bagi beberapa orang tua meskipun dengan harga yg tergolong cukup mahal.

Menurut dr. Zuhrah Taufiqa, M. Biomed, Konselor Gizi & MP ASI Klinik Tumbuh Kembang Anak, My Lovely Child, Padang sekaligus penulis buku “Diary Pintar Bunda Menyusui dan MP ASI”, MP ASI “terbaik” untuk anak tentulah MP ASI yg dibuat sendiri (homemade) dengan bahan baku yang segar, mengalami proses pengolahan dan penyimpanan  yg tepat, higienis & memperhatikan pedoman umum gizi seimbang serta disajikan dengan tekstur yang sesuai dg usia dan kemampuan oromotor anak.

Menu gizi seimbang mencakup karbohidrat, protein, lemak sbg sumber energi dan pertumbuhan serta vitamin mineral sbg zat pengatur. Semua zat gizi ini mudah ditemukan di sekitar kita dan dibutuhkan anak untuk tumbuh kembang secara optimal.

Lalu bagaimana dengan MP ASI instan?

Tidak hanya tanggal kadaluarsa yg perlu diperhatikan namun juga cek keutuhan kemasan dan isi makanan, perubahan tekstur serta warna mp asi.

Hal yg terpenting adalah orang tua harus paham kandungan zat gizi yg tertera dalam MP ASI instans tersebut. Perhatikan juga kadar gula dan garam serta zat tambahan pangan lain yang ikut terkandung dalam makanan tersebut. Konsumsi gula dan garam berlebihan bagi bayi dan balita di masa MP ASI bisa mengakibatkan masalah gizi dan meningkatkan beban kerja ginjal yg tentunya berefek buruk di masa depan. Agar kandungan gizi yg tertera di kemasan sesuai dg yg diperoleh anak, maka orang tua harus mengikuti aturan penyajian yg dijelaskan di kemasan.

Namun, tidak dipungkiri bahwa sensasi rasa (taste) dr MP ASI Instan yg berbeda dari MP ASI buatan rumah bisa membuat anak lebih cederung terhadap MP ASI Instan sebagai asupan sehari-harinya. Sehingga, pengetahuan orang tua dalam membuat berbagai menu MP ASI yg praktis namun padat gizi adalah hal yg paling tepat untuk memenuhi kebutuhan zat gizi anak sehari-hari.

 


2 Comments

Sofyana · 23/10/2018 at 08:42

Apa yang perlu di perhatikan dan bagaimana pemberian MP ASI yang tepat?

    Zuhrah Taufiqa · 28/10/2018 at 16:44

    banyak faktor yg perlu diperhatikan bunda, mulai dari porsi makanan, cara pengolahan, komposisi asi dan mp asi , dll. untuk info lengkap mungkin bunda bisa cek d instagram saya @drfiqa_mpasi untuk panduannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *