School Readiness Part 2

Oleh: Klinik MLC

Penyunting: Rahmah El Fauziah

Kesiapan yang merujuk kepada kondisi di mana anak siap untuk mengikuti serta berpartisipasi pada kegiatan pembelajaran di sekolah dan menunjukkan tingkat kematangan yang baik dalam mengembangkan berbagai kemampuan yang berkaitan dengan kesuksesan masa sekolah.

Apa saja yang dibutuhkan anak untuk membangun school readiness?

9 hal dasar dalam membangun scool readiness pada anak. (lanjutan)

  1. Regulasi diri, regulasi diri yaitu mengatur emosi, perilaku, dan keinginan pada anak secara benar. Contohnya anak sudah paham dan mengerti arti dari berbagi, tolong menolong, serta memiliki empati yang baik.
  2. Kapasitas sensorik, penggunaan bagian tubuh secara tepat sesuai kondisi dan stimulasi.
  3. Pemahaman bahasa, memahami pembicaraan dan instruksi. Contohnya, jika salah seorang anak ditunjuk untuk maju ke depan dan berbicara maka ia dapat melaksanakannya dengan baik dan murid yang lainnya tetap tenang.
  4. Penggunaan bahasa, memproduksi bahasa dan percakapan yang dapat dipahami lawan bicara Contohnya, anak dituntut harus paham dengan bahasa yang digunakan oleh orang-orang di sekolah, apabila dirumahnya menggunakan bahasa daerah, dan disekolah diwajibkan memakai bahasa Indonesia maka anak harus mengerti dengan bahasa Indonesia.
  5. Artikulasi, kemampuan berbicara dan mengungkapkan kata secara jelas. Kemampuan dalam pengucapan kata juga yang dasar dimiliki seorang anak
  6. Fungsi eksekutif, kemampuan penalaran dan berpikir. Contohnya, apa yang harus disiapkan untuk pergi ke sekolah.
  7. Regulasi emosi, memahami setiap emosi yang muncul dan bagaimana mengaturnya.
  8. Kemampuan sosial, berinteraksi membangun hubungan dan mengikuti norma sosial. Anak mengerti apa yang dianggap boleh tidaknya dilakukan di sekolah.
  9. Kemampuan merencanakan dan mengurutkan, mengerjakan sesuai sesuai urutan instruksi. Contoh anak di perintahkan untuk menempelkan pola yang terpotong-potong sesuai dengan tempatnya (bermain puzzle).

Kesiapan sekolah pada anak sangatlah penting karena kesiapan ini akan menjadi dasar bagi kehidupan yang lebih baik untuk individu, komunitas maupun masyarakat. Anak yang memiliki kesiapan sekolah mampu mengikuti proses pendidikan di sekolah dengan baik sehingga diprediksikan akan mencapai kesuksesan sekolahnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *