Tentang GIZI ANAK dan POLA MAKAN ANAK

oleh : dr. Zuhrah Taufiqa, M. Biomed

Kelas MP ASI (Makanan Pendamping ASI) bersama dr. Zuhrah Taufiqa, M. Biomed

Galau dg kondisi anak?

Langkah pertama : tentukan dulu STATUS GIZI anak.
Untuk penentuan status gizi anak dibutuhkan data USIA, JENIS KELAMIN, BERAT BADAN/TINGGI BADAN. setelah dimasukkan ke dalam grafik antrompometri berat badan menurut umur atau pun tabel antropometri WHO, maka anak tergolong ke dalam STATUS GIZI KURANG/NORMAL/LEBIH

jika asupan anak optimal, maka status gizi optimal pun bisa diperoleh yakni BB 3x BB lahir. Tapi, jika berat badan anak kurang, maka perlu dipelajari upaya yang bisa menambah berat badan anak

Bedah Buku dan “Live Demo” Masak Makanan Pendamping ASI di Klinik MLC

Langkah kedua : selidiki MASALAH POLA MAKAN ANAK
banyak faktor yang perlu diketahui mengenai pola makan anak yaitu : jadwal, variasi, frekuensi, & porsi ASI/PASI+MAKANAN UTAMA+CEMILAN

JADWAL MAKAN
kunci dalam pemberian makan pada anak adalah disiplin dalam jadwal makan. mungkin sebagian orang beranggapan belum perlu mengatur jadwal makan anak, apalagi banyak yang beralasan kasihan jika anak bangun pagi untuk makan. tetapi, ketika anak telah dibiasakan dg disiplin dalam pola makan, maka organ tubuh nya pun akan terbiasa dengan jadwal tersebut.
Untuk usia 10 bulan, susunan jadwal makan anak bisa sebagai berikut : ASI/PASI bangun tidur (05/06.00), makan utama pagi(07/08.00), cemilan (10/11.00), makan utama siang (13/14.00), cemilan (16/17.00), makan utama malam (19/20.00), ASI/PASI (21.00). jadi ada 2x pemberian ASI/PASI, 3 x makan utama dan 2 x cemilan sehat.

VARIASI
untuk menu makan utama, usahakan untuk melengkapi semua zat gizi nya, bukan harga yang mahal, tetapi kelengkapan zat gizi yang diutamakan. menu utama terdiri atas : KARBOHIDRAT, PROTEIN (NABATI+HEWANI), LEMAK (NABATI/HEWANI), VITAMIN & MINERAL (SAYUR+BUAH).
Banyak pilihan karbo yang bisa dipilih : nasi, kentang, ubi, jagung dll
pilihan protein hewani: daging,ikan,ayam, telur (putih telur), seafood,
pilihan protein nabati : kacang-kacangan, tahu, tempe
pilihan lemak hewani : daging, ikan, ayam, kuning telur, seafood, butter
pilihan lemak nabati : kacang-kacangan, margarine, minyak
vitamin dan mineral bisa didapat dari berbagai variasi sayur dab buah, semakin bervariasi maka semakin besar kesempatan anak mendapat jenis vitamin dan mineral.

PORSI & FREKUENSI
untuk umur 10 bulan, porsi makan utama yang dianjurkan sekitar 150-175ml (2/3-3/4 mangkok), untuk buah kurang lebih sekitar 2 buah per hari (misal 1 apel + 1 pir) atau (1 apel, 1/2 pir, 1/2 pisang). terlalu banyak buah tidak baik untuk anak karena tinggi serat dan bisa menyebabkan sembelit, yg terpenting, tinggi serat akan menyebabkan penyerapan lemak bagi tubuh anak kurang.

untuk frekuensi, berikan asi/pasi saat bangun tidur dan akan tidur di malam hari untuk memaksimalkan asupan makan utama. jika anak mau asi dluar jadwal tersebut silahkan akan tetapi, kewajiban anak untuk makan utama jangan ditinggalkan. karena bagaimanapun jumlah kalori asi/pasi tak kan bisa menyamai kalori dalam sepiring menu utama.

pilhkan cemilan sehat padat gizi, tinggi lemak, karbo dan protein. penambahan lemak, minyak, kaldu, keju disarankan untuk menambah berat badan anak. pelajari tips simple seperti, tumis dahulu bahan sayur dan daging sebelum membuat sup. sehingga dalam seporsi sup akan terkandung lemak dari daging/ayam plus dari minyak yang digunakan untuk menumis.

contoh cemilan : tahu kukus, nugget (cukup dikukus, tanpa d goreng boleh juga), puding susu, alpukat, pisang keju dll

LANGKAH KETIGA berupa solusi yang dapat dianjurkan :

usahakan RELAKTASI kembali, karena yang terbaik tetaplah ASI, jalin kedekatan kembali dengan anak, cari waktu yang rileks dan nyaman untuk menyusui bayi. hindari mencoba menyusui bayi di saat anak sangat haus sekali..nah pada usia 10 bulan ini, porsi ASI : MP ASI = 50 : 50. jadi, optimalkan MP ASI.

untuk MP ASI dalam kasus ini, karbohidrat utama anak adalah beras merah. beras merah sebenarnya adalah karbohidrat yang baik dan bergizi, namun, khusus utk bayi, tidak dianjurkan dikonsumsi rutin karena kandungan serat yang cukup tinggi. makanan yang tinggi serat akan mengikat lemak dan menghalangi pengikatan lemak di dalam tubuh. artinya, silahkan kenalkan dan berikan anak beras merah tetapi tidak secara rutin. variasikan dengan jenis karbo lain, seperti kentang, ubi dengan tetap mengutamakan beras putih (nasi biasa) sebagai karbo utama mengingat, beras adalah makanan pokok Indonesia.

dalam kasus di atas, konsumsi sayur buah juga terbatas, sehingga asupan vitamin dan mineral kurang. hal ini bisa mengurangi nafsu makan anak. artinya, variasikan sayur dan buah untuk memberikan anak beragam vitamin dan mineral.

pelajari dan berikan cemilan sehat serta tips peningkatan berat badan. pemberian cemilan bisa berupa finger food juga. misal, kentang kukus, apel kukus, nugget kukus.

Aneka Resep MP ASI

 

All about Gizi, Zat Gizi, dan MP ASI
By : dr Zuhrah Taufiqa, M. Biomed

Mungkin masih sangat banyak kekurangan dalam infor berikut, namun, untuk memudahkan memberikan informasi, silahkan buka dan download file di dalam link berikut,

https://www.facebook.com/groups/182759078558419/641324232701899/

Untuk menonton video, silahkan dibuka link berikut :

Mengapa Perlu Tahu tentang MP ASI
(https://www.youtube.com/watch…)

Menyusun MP ASI
(https://www.youtube.com/watch…)

Jadwal dan Resep MP ASI
(https://www.youtube.com/watch…)

Mengenal MP ASI Lebih Dekat
(https://www.youtube.com/watch…)

semoga bermanfaat


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: