Tugas Tahapan Perkembangan Keluarga

Setiap individu dewasa pada umumnya ingin memiliki keluarga, disamping hal ini merupakan kebutuhan yang sebaiknya dipenuhi dalam norma sosial. Dalam perjalanannya, keluarga memiliki tahapan perkembangan, teori ini dipelopori oleh Evelyn Ruth Millis Duvall, seorang ahli perkembangan keluarga, dalam teorinya, membagi 8 tahapan tugas tahapan perkembangan keluarga. Pertama yaitu keluarga yang baru menikah, dimana sepasang suami istri memulai kehidupan barunya dengan berbagai macam adaptasi, dari yang sebelumnya hidup sendiri dan kemudian hidup dengan pasangannya bersama. Tahap kedua yaitu keluarga dengan kelahiran anak pertama, dimana sepasang suami istri kini tanggung jawabnya bertambah menjadi orangtua baru. Banyak adaptasi yang harus dilalui pasangan suami istri ini dan butuh kerjasama serta saling pengertian agar dapat menjalankan fase ini dengan baik. Karena pasangan yang dikaruniai anak yang baru lahir, salah satu tugasnya yaitu harus membuat bayi merasa nyaman, baik dalam memenuhi kebutuhan fisiologis dan psikologis anaknya.

Cara orangtua memenuhi kebutuhan bayi juga secara signifikan mempengaruhi perkembangan anaknya . Apabila bayi yang ditinggalkan menangis dalam ketidaknyamanan dan tekanan, akan menyebabkan bayi belajar bahwa tidak ada yang datang untuk menjawab tangisannya. Sebagai akibatnya, dia bisa menarik diri dari orang lain atau kehilangan kepercayaan pada orangtuanya.

Oleh karena itu, Rabbithole membuat buku Sayang yang diperuntukkan untuk bayi usia 0-6 bulan, yang menceritakan tentang lingkup sosial pertamanya yaitu keluarga, terutama ibu dan ayah yang menyambutnya dengan kasih sayang. Harapannya dengan bayi diperkenalkan dengan lingkungan keluarga yang menyayanginya, ia merasa aman dan nyaman karena orangtuanya lah yang menjadi benteng utama dalam pemenuhan kebutuhan kasih sayang tersebut.

 Keluarga yang mampu melewati tugas tahapan perkembangan keluarga yang kedua ini, harapannya juga dapat memenuhi tahapan-tahapan perkembangan keluarga berikutnya.

 Yuk bacakan dan nyanyikan Buku Sayang nya

Tugas Tahapan Perkembangan Keluarga (Bagian 2)

Ditulis oleh : Fadilla Rizki, S.Psi (Reseller Rabbithole)

Sumber Referensi : Duvall and Miller (1984). Mariage and Family Development.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: