Tugas Tahapan Perkembangan Keluarga (Bagian 2)

Menurut teori Duvall, patokan dari tugas tahapan perkembangan keluarga yaitu anak pertama, ortu dan anak pertamanya belajar melewati setiap fase perkembangan anak baik dari segi fisik maupun psikologis.

Tugas Tahapan Perkembangan Keluarga

Pada artikel sebelumnya, saya menulis 2 tugas tahapan perkembangan keluarga, yaitu Keluarga yang Baru Menikah dan Keluarga dengan kelahiran anak pertama. Kali ini kita lanjutkan dengan tahapan yang ketiga yaitu Keluarga dengan anak yang memasuki pra sekolah, dimana anak memiliki rasa ingin tahu yang besar dan perkembangan kognitif yang pesat, sehingga butuh pengawasan ekstra dan fasilitas untuk anak dalam mengetahui hal-hal baru. Dan bila anak pertama menghadapi kelahiran adik, ortu juga bertambah tugasnya dalam memberikan pengertian kepada anak pertama dan mengajarkan kasih sayang kepada adiknya. Di sisi lain sebagai pasangan, dibutuhkan kerjasama dan saling pengertian dengan meluangkan quality time bersama,karena pasangan butuh adaptasi yang lebih kompleks, agar dapat melewati fase ini dengan harmonis dan melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu Keluarga dengan Anak Usia Sekolah.

Pada tahapan yang keempat ini anak sangat aktif mengeksplor lingkungannya yang lebih luas sehingga ortu memiliki tugas dalam mendampingi agar tumbuh kembangnya juga optimal dan sesuai minat dan bakatnya. Dalam penanaman nilai moral, berkaitan dengan seberapa efektif ortu dapat membantu anak memahami tekanan lingkungan dan memberikan interpretasi yang jelas mengenai nilai yang mereka anut kepada anak mereka karena anak pada fase ini  baru memahami hal-hal yang bersifat konkrit. Dengan demikian anak bisa menghadapi realitas yang akan mereka temui, memutuskan mana yang baik dan mana yang buruk,  berdasarkan apa yang telah diberitahukan oleh orang tuanya. Lalu dalam menghadapi lingkungan yang lebih luas, misal lingkungan sekolah, dimana ada interaksi dengan teman-teman dan guru, diharapkan ortu juga peduli akan lingkungan anaknya karena akan menentukan pada perkembangan sosial anak saat remaja nanti, yaitu tugas tahapan perkembangan keluarga yang kelima, Keluarga dengan Anak Usia Remaja, yang akan dibahas di artikel berikutnya.

Fadilla Rizki, S.Psi (@bukumahdi)

Buku adalah Jendela Dunia


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: