Sering sekali para orang tua bingung dan khawatir, kira-kira normal ga ya tumbuh kembang anak saya? 

Sebenarnya apa sih tumbuh kembang itu? Tumbuh atau pertumbuhan adalah bertambah besarnya ukuran anak yg dapat dinilai dari, pertambahan berat badan, tinggi badan, lingkar kepala dll. Artinya, sesuatu yg dapay diukur. Nah biasanya, dari aspek pertumbuhan ini bisa dinilai, apakah anak memiliki status gizi yg baik, atau anak tergolong kurus, gemuk, obesitas, tinggi atau pendek. 

Sedangkan kembang atau perkembangan adalah tingkat kematangan organ tubuh yang dapat dinilai dari banyak hal tergantung fungsi organ masing-masing. Dari aspek perkembangan ini bisa dinilai misalnya, kemampuan motorik kasar anak seperti tengkurap, duduk, berdiri, berjalan, kemampuan berbahasa anak, seperti mengoceh, bicara, merangkai kata, kemampuan motorik halus anak seperti memegang pensil, memasukkan makanan ke dalam mulut, kemampuan kognitif atau kecerdasan anak seperti mengerti instruksi, membaca, berhitung dan masih banyak lagi.

Jadi, tumbuh dan kembang adalah dua hal yg berbeda tapi seiring sejalan 😘

Pertumbuhan anak yg baik akibat nutrisi yg seimbang diperoleh anak setiap hari, akan membuat perkembangan anak menjadi optimal. 

Nah, bagi para orang tua, kita harus peduli lho dg tumbuh kembang anak. Periksakan secara rutin agar kita bisa mengetahui lebih cepat adanya gangguan pertumbuhan atau pun keterlambatan perkembangan anak. 

Di klinik My Lovely Child, ada lho, dokter anak dari divisi tumbuh kembang anak, yakni dr Rahmi Lestari,Sp.(A) dan dr. Asrawati ,Sp.(A). Kedua dokter ini ramah dan asyik banget lho terhadap anak-anak.

Nah, beberapa waktu yg lalu, salah satu dokter dari divisi tumbuh kembang anak ini yakni dr.Wati (dr.Asrawati), ikut memberikam edukasi pada orang tua di media elektronik yakni di saluran TV TVRI dan RRI. Tujuannya, agar semakin banyak orang tua yg paham mengenai pentingnya pengetahuan tentang tumbuh kembang anak. 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: