Mulai 8 April 2018, bertepatan dengan Hari Balita Nasional, Klinik Tumbuh Kembang Anak My Lovely Child, menghadirkan Rubrik Kesehatan, Tumbuh Kembang dan Psikologi Anak & Remaja yang digagas secara bersama oleh Tim Klinik My Lovely Child sebagai Media Edukasi dan Komunikasi dengan Masyarakat.

Profil Layanan Klinik Tumbuh Kembang Anak Padang “My Lovely Child” (MLC)

Rubrik 1, 8 April 2018 dengan judul,  “Seputar Menyusui dan Pemberian Susu UHT”

 Assalamu’alaikum Dokter, Saya  ingin berkonsultasi.

Saat ini, bayi saya sudah berumur lebih dua bulan namun, ASI Saya sangat sedikit. Bahkan, hanya beberapa tetes saja, Dok. Akibatnya, saat ini Saya tidak menyusui lagi. Pertanyaan saya, apakah masih ada harapan agar produksi ASI saya lancar & banyak, Dok? Karena saya sudah melakukan pijat payudara, namun belum memberikan hasil. Terimakasih, Dokter.

HR, Padang-

Wassalam ibu, selamat atas kelahiran bayi ibu dan semangat juang ibu yang tetap ingin memberikan ASI bagi sang buah hati. Insyaaallah, ibu masih bisa memberikan ASI untuk bayi ibu karena prinsipnya, semakin sering bayi menghisap payudara, maka produksi ASI juga akan semakin meningkat dan secara alamiah, tubuh ibu akan menghasilkan ASI sesuai dengan kebutuhan bayi.

Mengenai pijatan yang dilakukan pada punggung setinggi payudara memang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Akan tetapi, kesulitan dan masalah dalam proses menyusui dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti posisi menyusui yang kurang tepat, perlekatan mulut bayi dan payudara yang tidak sempurna, faktor anatomis dan struktural dari mulut bayi sendiri atau mungkin penggunaan alat bantu menyusui seperti dot yang dapat memicu bayi mengalami “bingung putting”. Bahkan, kenyaman posisi ibu dalam menyusui juga bisa berpengaruh. Pilih kursi dengan sandaran yang menopang semua punggung, dudukan kursi yang luas dan menampung semua sisi pinggul, kaki menapak dengan kondisi pinggul dan lutut menekuk 90 derajat. Ibu juga bisa menggunakan bantal menyusui sebagai penopang bagian bawah tubuh bayi, agar ibu bisa menyusui dengan nyaman, tanpa nyeri bahu atau pun punggung. Faktor lain seperti kepercayaan diri, kecukupan nutrisi dan stres juga bisa mempengaruhi produksi ASI.

Kami mendoakan, semoga ibu dan bayi selalu sehat serta dapat menikmati momen menyusui berdua ya. Untuk evaluasi lebih lengkap dan menyeluruh, ada baiknya Ibu segera berkonsultasi dengan dokter anak atau tim konselor menyusui. Insyaallah dengan tekad kuat, dukungan keluarga dan bantuan ahli, proses menyusui akan lebih lancar dan produksi ASI bisa melimpah. Happy Breastfeding !

Assalamu’alaikum Bunda,

Saya ingin bertanya, umur berapakah anak boleh diberikan Susu UHT ?

A, Padang-

Wassalam Ibu,

Susu UHT merupakan susu segar yang diperoleh melalui pemrosesan dengan suhu yang sangat tinggi (Ultra High Temperature) untuk mematikan bakteri. UHT dapat dikonsumsi oleh anak setelah berusia 12 bulan namun, batasi jumlah konsumsi UHT maksimal 400 cc/hari dan pastikan anak tidak alergi terhadap UHT yang diberikan. Selagi ASI masih mencukupi, lanjutkan pemberian ASI hingga anak berusia 2 tahun. Perlu diingat, bahwa UHT bukanlah solusi saat anak susah makan karena kandungan energi dari UHT tidak mampu mencukup kebutuhan kalori yang diperlukan anak sehari-hari.

Apabila anak ibu memiliki masalah susah makan, silahkan konsultasikan dengan tim Dokter dan Konsultan Gizi kami.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *