1000 hari pertama kehidupan merupakan masa emas tumbuh kembang anak di masa depan. Masa yang berlangsung sejak janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun ini merupakan periode kritis tumbuh kembang mereka. Adanya gangguan gizi di masa ini akan berdampak terhadp timbulnya stunting (postur pendek), dengan tingkat kecerdasan dan produktivitas rendah serta tingginya risiko penyakit metabolik di masa dewasa nanti.

Oleh karena itu, gizi ibu hamil, serta asupan ASI dan Makanan Pendamping ASI (MP ASI) anak berperan sangat penting dalam menciptakan tumbuh kembang yang optimal. Zat-zat gizi berperan dalam membentuk dan mematangkan sel-sel saraf di otak yang berdampak besar dalam tingkat kecerdasan anak. Tak ada yang mengalahkan kandungan gizi ASI sehingga ASI Eksklusif menjadi pilihan utama di usia bayi 0-6 bulan. Pemberian MP ASI sehat, tepat dan bergizi seimbang anti ribet juga menjadi upaya tak tergantikan dalam usaha menciptakan status gizi baik pada anak.

Oleh karena itu, Klinik My Lovely Child sebagai klinik tumbuh kembang anak mengangkatkan event ini bersama dr. Zuhrah Taufiqa, M.Biomed agar semakin banyak masyarakat menyadari bahwa masa 1000 hari pertama kehidupan anak ini tak bisa terulang kembali.

Segala usaha di masa ini akan terbayar dengan optimalnya tumbuh kembang mereka melalui pemberian zat gizi dan stimulasi yang tepat.

Pentingnya pemantauan pertumbuhan dengan cara plotting nilai Berat Badan, Tinggi Badan dan Lingkar Kepala anak merupakan cara evaluasi terhadap asupan gizi yang diperoleh anak. Pemantauan perkembangan melalui instrumen KPSP juga menjadi pilihan bagi orang tua dalam mengetahui capaian perkembangan anak serta cara stimulasi aspek perkembangan mereka.

Semoga melalui kegiatan ini, masyarakat semakin paham dan menyadari pentingnya edukasi informasi yang tepat dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *