RESUME KULWAP KE -13 PARENTING UNITED*
*Tema: Gizi dan MPASI*
*Waktu: Rabu, 16 November 2016, pukul 9 – selesai*
*Narasumber: dr. Zuhrah Taufiqa, M. Biomed*
Moderator: Iis
Co-moderator: Puspa
Resume: Asih, Rizkina

 

Image may contain: 1 person

Pertanyaan no 11
Anak saya 6,5 bln sdh mpasi menu 4* plus lemak tambahan, tp kadang msh sembelit, air putih msh sedikit minumnya, minum asi pun sdh agak berkurang, bgmn ya, bu dok?
verli-lampung

Jawab:
Beri air putih di sela sela makan lebih sering. Beri sari buah alias jus pas jam cemilan,
Tinggi cairan akan sangat menghindarkan anak sembelit.n Lalu, perhatikan porsi karbo sekali pemberian. Coba kurangi hingga hanya 1/2 saja. Tp frekuensi pemberian makan nambah. Misal sekali ngasih 1 mangkok 2x shari. Jadikan 4x shari pemberiannya tp cukup 1/2 mangkok saja . Metabolisme anak beda beda, jd kita berikan sesuai pola anak yg hanya ibu yg bisa menilai 
➖➖➖

Pertanyaan ke: 12
1. dalam persiapan mpasi,saya biasanya stok sayuran dan lauk pauk sekaligus..dalam porsi banyak..tapi dibagi beberapa kali untuk sekali masak. jadi ayam sekaligus 1 ekor saya potong2, lalu saya bungkus dalam plastik kecil2, utk beberapa kali masak. begitu juga dengan daging,hati,ikan dan sebagainya. nah untuk sayuran, saya pun begitu dok. untuk wortel,saya parut atau potong2,masukkan ke plastik,baru saya masukkan lagi ke wadah kedap udara,baru masuk freezer. nanti di wadah yang lain juga ada jagung, brokoli, buncis, dll. Tapi pernah saya baca sayuran itu jika mau disimpan dalam freezer, diolah dengan cara direbus sebentar, baru celup ke air es dan bekukan. yang mau saya tanyakan,cara yg selama ini saya lakukan apakah boleh begitu? maksudnya sayur keadaan mentah,dicuci,dipotong2, baru masuk freezer. (tidak direbus dulu) lalu bagaimana dengan nutrisinya dok?

2. untuk anak saya yg 4 th, BB nya sekarang hanya 12,5 -13 kg sejak usianya 2th. tapi anak jarang sakit (kalo pun sakit,hanya batuk pilek atau diare ringan). anak juga aktif sekali. makanan banyak yang masuk kedalam tubuhnya. tapi porsi nya memang sedikit-sedikit. hampir semua jenis sayuran yang saya masak utk dia pasti dimakan. juga lauk pauk dan buahnya. tapi kenapa bb nya hanya segitu2 saja ya dok? sejak mpasi dulu,sampai sekarang saya memang tidak pernah menambahkan lemak tambahan di tiap porsi makannya (karena baru tahu kegunaan lemak utk anak2 dok). dulu orang tua selalu bilang jangan banyak dikasih minyak,nanti batuk dsb nya.. apakah boleh saya menerapkan double protein setiap harinya untuk menaikkan bb si anak?

3. jika anak sedang batuk pilek apakah boleh tetap diberi lemak tambahan ?

Resi-lampung

Jawab:
1. Sayur sebaiknya fresh. Jangan disimpan freezer. Cara penyimpanan d kulkas bawah 3 hari cukup. Jika ingin beku memang direbus lalu tiriskan dan masukkan air dingin untuk menghentikan proses enzimatisnya. Semua yg disimpan d freezer sbaiknya diturunkan k kulkas bawah dulu sebelum diolah utk mencegh perubahan suhu drastis yg bs memicu tumbuh kembang bakteri
2. Status gizi anak kurang berarti pengeluaran energi lbh besar dibanding asupan makan. 
Solusi : 
Tingkatkan porsi atau frekuensi makan. 3-4x perhari. Cemilan kaya energi. Krn anak hobi makan sedikit maka porsi biasa tp frekuensi nambah. Cemilan kaya energi yg one bite dish. Ada di resep dalam modul/buku. Pergedel seafood, tahu kukus, puding jagung santan, omelete dll.Mau double karbo protei lemak g masalah bu. Intinya, saat ini kita g bs lagi berdalih, biar anak saya langsing tp aktif, dan jarang sakit. Pacu tumbuh kembngnya dg nutrisi yg optimal saat ini. Krn efeknya nanti di masa depan. Yakin bisa. 
3. Anak batpil bole diberikan lemak tambahan. G ada masalah.

Resi: tapi cemilan juga sebenarnya sudah dok.. omelet..spaghetti,roti,perkedel jagung dll dia memang suka.. tapi puding2an maunya hanya rasa coklat. sementara dia punya bakat alergi. apa penyerapan gizi nya yg kurang ya dok?

Zuhrah: Jika semua sudah diberikan berarti berikan lebih banyak bu. Pengeluaran energi anak sulit utk diukur. Jd tahunya makan anak udh cukup apa ngga ya dari hasil pengukuran status gizi anak

Resi: iya.. BB nya itu yang bikin nangis dok..padahal setiap hari pun dia tidur siang.. ????
tapi pernah dok saya coba seminggu cemilan dan makanan2 juga full..setiap 2 jam saya beri makanan apa saja..tapi dia juga jadi lebih sering pup.. ???? jadi seolah apa yg diterima ya dikeluarkannya lagi ????

Zuhrah: Masalah psikologis jg ngaruh thd nafsu makan anak. Misal long distance nya ortu dg anak, ortu kebetulan marah dg anak, anak kurg perhatian krn ortu sibuk, dll

Resi; kalau boleh tau dimana dan berapa tes alergi itu dok? pernah dsa nya juga menganjurkan. tapi belum tahu seperti apa dan bagaimana

Zuhrah: Yg sy tw d medan bu. Ad tmn yg kmrn tes alergi anaknya. Biaya kurg tau saya bu. Cb tanya DSA setempat ya 

Resi: eh tapi dok.. nanya 1 lagi.. klo double protein itu apakah ada yg tidak boleh dicampur? ada panduan khususnya atau gimana? misal daging tidak boleh campur apa dsb nya?

Zuhrah: Sebaiknya nabati campur hewani. G ada masalh pencampuran kecuali anak alergi. Utk alergi coba di cek dlu alergi anak apa saja
➖➖➖

Pertanyaan ke 13
Assalamualaikum, budok mohon solusinya. Defa dari awal mpasi sangat susah makannya. Semacam trauma, karena 1bulan seblm mpasi dia sakit dan harus minum obat dg memaksa (karena dia gak mau buka mulut). Sampai sekarang 21bulan susah makan. Bagaimana ya budok mengatur ulang pola makannya? Pernah sharing, katanya semacam mengenalkan rasa lapar ke anaknya. Nah itu detailnya bagaimana ya .Trimakasih
#navis-jatim

Jawab:
Jika anak g mau makan, apa saja yg dikonsumsi anak sehari sejak bangun hingga tidur kembali?
➖➖➖

Pertanyaan14
Apa dampaknya jikâ anak (Ponakan saya) 7bln mpasinya udah dikasih gulgar?
Terimakasih
#wiwi-jabar

Jawab:
Berapa gulgar yg diberikan?
Jika banyak gula (>5 gram/hari), bs berakibat anak sangat suka yg manis. Jika makin suka bs obesitas dan diabets d kemudian hari. 
Jika banyak garam (>1 gram/hari), memperberat kerja ginjal 
➖➖➖

Pertanyaan 15
Bagaimana mengetahui anak mpasi usia 10bulan sudah tercukupi zat besinya, apakah memang anak asix wajib utk mendapatkan tambahan zat besi dari vitamin?
#umi khoirina -lampung

Jawab:

Jika ingin tahu anak cukup atau tidak, pertama cek status gizi anak. Jika dalam batas normal biasanya tidak masalah.
Cek juga anak sering sakit atau ga, jika sering sakit, mungkin bisa jd kurang zat besi. Utk tahu pasti, cek zat besi atau hemoglobin anak melalui pemeriksaan labor. Pemberian zat besi hanya diberikan jika mmg ada defisiensi zat besi. Jika tidak ada atw minimal, mari dipacu dg makanan tinggi zat besi

➖➖

Pertanyaan 16
Assalamualaikum
Apakah berat badan bayi ada hubunganny dengan perkembangan otak, ataupun motorik pada masa tumbuh kembang emas dok ? Bayi saya 5bln 17 hari BB terakhir 5,8kg,apa dalam rentang normal dok? Teman2nya BB ny da yg 6 bahkan 8kg lebih.
Setelah pemberian MPASI apakah BB hrs naik lbh pesat dok? Terimakasih
Wassalamualaikum
Yuli PU Jabar 1

Jawab:
Pertumbuhan dn perkembangan sebaiknya harus sejalan. Pertumbuhan diukur dg BB, TB dan lingkar kepala. Perkembangan dinilai dr kemampuan motorik, language dll. 
Gizi yg baik akan menunjang perkembangan yg baik jg. Utk BB anak yg perlu dpahami adalah, jangan bandingkan dg anak lain. Cukup fokus dg anak kita dg grafik tumbuh nya sjak lahir. Usahakan grafik meningkay sesuai lengkungannya. Tak perlu naik tinggi lalu terjun bebas. Jenis kelamin, usia dan asupan makanan ngaruh thd pertumbuhan anak. Biasanya sjk 4 bulan akan susah naik BB Anak. Termasuk masa masa mp asi. Jd pelajari tipsnya dan lakukan.
Cek bb anak sebulan sekali saat anak 0-1 th dan 2-3bulan sekali usia 1-3 th. Jd kalau kalau ada kecenderungan gagal tumbuh yg ditandai dg tidak naik BB, maka bs diketahui dg cepat

Yuli: Krn masih asi x apakah nutrusi ini lbh ke ibuny dok? Ada pengaruh ke kualitas asi dok?

Zuhrah Taufiqa: Iya bu. Makanan ibu berpengaruh banget
➖➖➖

Pertanyaan 17
Anak saya usia 1 th 1bln BB nya 8,5 kg. 3 bln belakangan ini makannya susah. Cm masuk 4 atw 5 sndok mkn bayi. Makanan sudah saya variasikan tp tetap aja gak banyak makannya. Saya khawatir klo anak saya kekurangan zat besi. Apa ada tanda2 anak yg kurang zat besi sehingga susah makannya ? Bagaimana cara mengatasinya ?
/Dilla/PU Lampung

Jawab :
Jika ingin tahu anak cukup atau tidak, pertama cek status gizi anak. Jika dlm batas normal biasanya gpp. 
Cek juga anak sering sakit atau ga, jika sering sakit, mungkin bs jd kurang zat besi. Untuk tahu pasti, cek zat besi atau hemoglobin anak melalui pemeriksaan labor.

Jwbn sama dg pertanyaan no 15

Dilla: Kalo stiap cek ke posyandu grafiknya bagus dok. Jarang sakit dan slalu ceria. Saya dianjurkan oleh pihak posyandu utk memberikan obat penambah nafsu mkn. Apakah boleh dok ? Atau sebaiknya tidak ?

Zuhrah Taufiqa: Ini termasuk bahasan suplemen vitamin bu. Spt d atas. Tak akan ada yg menjamin nafsu makan anak slain mmg usaha kita memvariasikan dan tips tips lainnya. 
Suplemen ttp lah suplemen. Hanya tambahan. Tidak HARAM pemberian suplemen. Jd silahkan. Tp ttap bukan yg utama. Mari berikan pemahaman pd org lain ttg hal ini. Knp? Krn mmg mengubah mind set itu sulit sekali. Tp klo bukan kita, siapa lg ?
➖➖➖

Pertanyaan 18
Assalamu’alaikum bu dok.
Meski bahasannya tentang mpasi dan anak2 saya sudah diatas 2th. Saya tetap ingin bertanya ttg pola makan anak, boleh ya? ☺
1.begini dok, sulung saya, skrg 3th8bulan, sejak msh mpasi, (maaf) pup nya selalu 3hari 1x. Pdhl sayur dan buah selalu saya sertakan dalam asupan makanannya. Pertanyaan saya, apakah itu normal ya?
Karena sampai saat ini polanya stabil begitu.. Dan kalau kurang serat bisa lamaa lagi jeda pup nya. Pernah wkt usia 2th ga pup 1pekan dan saya bawa ke dsa saat itu. Dikasi pencahar (mikrolax) dan diresepi lactobiol kalau tak salah.

2. Anak kedua saya, usia 2,5th(BB 10kg) sdh beberapa Bulan ini tidak suka jika makanannya di campur. Misal dalam satu sendok ada nasi, lauk, sayur. Pasti selalu dilepeh????. Bisa dibilang makan besar tidak terlalu banyak tapi kalau camilan makannya doyan skali. Itu bagaimana ya dok? Dan dilihat dr BB nya sptnya kurang y dok?
Terima kasih???????? #ningrum-pamulang

Jawab :
1. Jadwal BAB tidak bs sama tiap org bu. Jika asupan oke dan anak tidak mengedan pas BAB gpp. Tidak perlu diberi obat apapun. Cukupkan minum dan sayur buah saja jika usia 3th ke atas. Jika anak mengedan, berarti baru punya masalah BAB

2. Cemilan biasanya dikasih apa?
BB kurang bu ningrum. Cuma ya itu, cb d cek lg. Yg diberikan k anak apa saja. Cemilan yg diberikan jika cenderung yg instan, kemasan biasanya anak akan nolak menu utama. Tp klo cemilan gorengan bikin sndiri, atw sayur, buah atau pergedel, anak biasanya aman utk makan utama krn kan isi cemilannya hampir sama dg menu berat yg dia konsumsi

Ningrum: Biasanya suka saya buatkan roti,nugget ayam sayur, macaroni schotel, pasta2an dan camilan yg ckup tinggi kalori kalau dia lagi mogok sama nasi.

Zuhrah Taufiqa: Porsinya gmn? Klo porsi agak gede. Pas makan utama mgkn jd g nafsu 
Zuhrah Taufiqa: Rasa juga ngaruh bu. Macaroni, pasta pasta pke saos sambal g? Sensasi itu jg ngaruh. Kann ada penyedap, penguat rasa dll.

Ningrum: Semua camilan dia sy usahakan homemade. Hanya saja krn dekat dg mertua, kadang suka dibawakan bengbeng dan biskuit2 gitu????. Oia anaknya doyan sekali susu. Huhu pernah ga mau makan tp nangis2 minta susu

Zuhrah Taufiqa: Susu dibatasi bu. Hanya 2x shari. Klo anak nangis biar aja. Ntr diam sendiri.
Tp harus dputus akses mendapat susu. Jgn ibu aja yg konsisten smntr anggota kluarga lain nurutin.
➖➖

Pertanyaan 19
Bismillah
Benarkah ikan salmon dpt menjadikan anak cerdas?wajib/tdk d konsumsi?jika anak menolak kandungan gizinya dpt d gantikan oleh apa?terimakasih
Nadya-pu pusat

Jawab :
Salmon mengandung asam lemak esensial itu benar. Tp tidak wajib. Banyak asupan lain yg bs juga. Ikan sisik, ikan laut lain jg bisa. Jgn terpaku dg satu bahan makanan krn tak ada satupun yg perfect. Konsumsi variasi prot nabati dan hewani apa aja boleh. Utk cerdas itu perkembngan anak yg tak hanya dipengaruhi asupan gizi tp jg stimulasi. Anak asupan oke tp jarang stimulasi jg ga bs cerdas 

Nila: Sampai skrg anak sy krg suka sm ikan”an & seafood. Usia 4th. Sy khawatir kurang protein hewan laut amis & anyir nya anak sy tau & langsung nolak budok????

Zuhrah Taufiqa: Cara pengolahan perbaiki. Masukin k omelete telur. Nugget tahu. Nugget ayam dll yg ga ketahuan
➖➖➖

Pertanyaan 20

Anak sy cowok 3thn BB nya 12-13kg saja,aktif. Sejak mpasi memang gak lahap makannya.makan nasi mau tp harus dsuapin dan sambil main.sy mau nerapin makan sendiri tp pasti jd nya makan nya sedikit.apakah sy harus tetep suapin demi bb naik,atau harus mengajarkan makan sendiri? dan makanan apa sj yg bs menaikkan lemak dan bb nya?utk makanan slalu pilih-pilih.

terimakasih
#Annissa_Jatim

Jawab:

Pemberian makan yg dianjurkan adalah responsive feeding. Tidak sambil bermain, disiplin waktu dan makan sndiri sjak usia 1th dilatih.
➖➖➖

Pertanyaan 21

Assalamualaikum
Mau nanya anak usia 8 bln boleh dikasih omega3 madu kurma/sari kurma?
#Qoyimah_Jatim

Jawab:

Omega 3 bole. Kurma bole. Sari kurma tidak usah klo kemasan.

 

Baca juga :

Tanya Jawab Seputar Gizi dan Makanan Pendamping ASI 1